Tuesday, October 21, 2014

Penatalaksanaan Hepatitis Akut

Penderita dengan Hepatitis Virus Akut Dianjurkan untuk Tirah Baring Sampai gejala Ikterus Hilang. Bagi Penderita yang Masih Muda dan Sehat Bisa Diterapkan Aturan yang Lebih Ringan, Misalnya Mereka Bangun Bila Badan terasa Enak Tanpa Melihat Derajat Ikterus. Setiap Habis Makan Dianjurkan untuk istirahat, Demikian Pula Bila Gejala Penyakit Muncul Lagi.
Masa Penyembuhan Dimulai Bila Sudah tidak Ada Gejala, tidak Ada Rasa Nyeri di Daerah Hepar dan Bila Kadar Bilirubin Serum < 1,5 mg%. Lama Waktu Penyembuhan Diperkirakan Dua Kali dari Periode Tirah baring.

Menurut Dienstag Et Al (1994) Kebanyakan Penderita tidak Perlu Dirawat Dirumah Sakit, Demikian Pula tidak Perlu Mengalami Tirah Baring Total yang Berkepanjangan Bila Penderita Dirawat di Rumah Sakit Penderita Bisa Dipulangkan Bila Gejala-gejala Membaik, Kadar Transaminase dan Kadar Bilirubin Serum Sudah Cenderung Turun dan Nilai Waktu Prothrombin Normal.

Diit untuk Penderita Hepatitis Akut Adalah Diit Bebas, Pemberian Vitamin dan Obat Lipotropik tidak Diperlukan. Kortikosteroid Hanya Diperlukan pada Kasus Hepatitis Akut Tipe Kolestatik.

Follow Up Dilakaukan Tiap 3-4 Minggu Setelah Pulang, kemudian Dilakukan Pemeriksaan ulang Tiap Bulan Sekali untuk 3 Bulan Berikutnya. Berolah raga Dibolehkan Sampai batas Badan Lelah, Sedangkan Alkohol Harus Dihindari Selama 1 Tahun.
Semoga Informasi yang Baru Teman-teman Baca Selalu Bermanfaat :)
#Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

No comments:

Post a Comment