Tuesday, October 21, 2014

Hepatitis Akut dan Macam-macam Bentuk Klinik Hepatitis Akut


Hepatitis Akut Adalah Suatu Proses Nekroinflamatorik Hati yang Terjadi Secara Akut. Proses Tersebut dapat Disebabkan oleh Faktor-faktor Penyebab Hepatitis. Penyebab Tersering Hepatitis Akut Adalah Virus Hepatitis.

Bagiamana Spektrum Klinik Hepatitis Akut

Ada Bermacam-macam Bentuk Klinik Hepatitis Akut Yaitu (Sherlock dan Dooley, 1997)
1. Hepatitis Akut Tanpa Gejala
Bentuk Ini Hanya Ditandai dengan Meningkatnya Kadar Enzim Transaminase di dalam tanpa Gejala maupun Keluhan

2. Hepatitis Akut Non Ikterik
Selain Meningkatkan Kadar transaminase Serum, Bentuk Ini Juga Disertai Gejala-gejala Gastrointestinal dan "Flu-Like Symptoms", Namun tidak Disertai Interus.

3.Bentuk Ini Diawali dengan Periode Prodromal yang Bisa Berlangsung Antara 3-4 Hari samapai 2-3 minggu, dengan Gejala-gejala Antara Lain Gejala Gastrointestinal Khususnya Anorexia dan nausea, Selanjutnya Bisa Didapatkan Demam Ringan dan Nyerih Perut Kanan Atas. Gejala lain yang Menonjol Adalah Malaise yang Meningkat pada Sore Hari. Periode Prodmal Ini Akan Diikuti dengan Warna Air Seni Seperti Air Teh dan Tinja yang Berwarna Pucat. Selanjutnya Keluhan Berkurang dan Timbul Ikterus. Hepatomegali Didapatkan pada 70% Sedang Splenomegali pada 70 % Penderita. Selain Ikterus Berlangsung 1-4 Minggu Penderita Masuk ke Dalam Periode Penyembuhan. Warna Tinjau Kembali Normal dan Nafsu Makanpun Menjadi Normal. Rasa Lemah Badan Akan Hilang Setelah beberapa Minggu. Pada Umumnya Masa Penyembuhan Klinik dan Biokimiawi Berlangsung dalam Waktu 6 Bulan.

4. Hepatitis Akut Dengan Ikterus Berkepanjangan (Prolonged jaundice)
Pada Bentuk Ini Terjadi Ikterus yang dalam yang Bersifat Cholestatik dan Umunya Disertai Gatal-gatal. Setelah Beberapa Minggu Penderita Merasa Lebih Baik dan tidak Ditemui Tanda Fisik lain Kecuali Ikterus dan hepatomegali Ringan. Ikterus dapat Berlangsung 8-29 Minggu, tetapi Tetap dapat Terjadi Kesembuhan Sempurna.

5. Hepatitis Akut Relaps
Bentuk Ini Ditandai dengan Meningkatnya Kembali Kadar SGOT dan SGPT yang Sebelumnya Menurun tetapi Belum Kembali Normal, Kadang-kadang Disertai Pula dengan Peningkatan Kadar Bilirubin. Relaps Bisa Terjadi beberapa Kali dan Penyembuhan Umurmnya Sempurna.

6. Hepatitis Akut Fulminan
Bentuk Fulminan Umumnya terjadi dalam Waktu 10 Hari pertama Setelah Awal Gejala Penyakit. Kadang-kadang Bentuk Ini Bisa Terjadi Sangat Cepat. pada bentuk Ini Seringkali Ikterus tidak Menonjol dan Adanya Ensefalopatia Hepatik Menyenbakan Penderita Sering Dikira Menderita Psikosis Akut atau Meningoensefalitis. Umumnya Setelah Diawali dengan Gejala-gejala Hepatitis Akut Ikterus Menjadi dalam, Terjadi Febris dan Muntah-muntah yang Profus dan Timbul Koma Serta Pendarahan.

Semoga Informasi Diatas Bermanfaat :)
#Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati
   

No comments:

Post a Comment