Friday, November 14, 2014

Lima Manfaat Yang Terdapat Pada Buah Alpukat


Pada Bahasan Hari Ini Kita Akan Berbicara tentang Manfaat Alpukat. Buah yang Aslinya Berasal dari Meksiko dan Pertama Kali Dibawah Masuk ke Indonesia oleh Bangsa Belanda Ini telah Menyebar Sangat Luas di Tanah Air. Bahkan Banyak yang Mengira jika Buah Alpukat Adalah Tumbuhan Asli Indonesia.

Berikut Lima (5) Manfaat Alpukat :

1. Alpukat Adalah Sumber lemak baik

Buah Alpukot Memang Merupakan Sumber Lemak. Setiap 100 gr Daging Buah Alpukat Mengandung Sekitar 9-19 gr Lemak, Jauh Lebih Tinggi jika Dibandingkan dengan Buah-buahan Lain. Mungkin Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Menghindari Buah Ini. Namun Sebenarnya Anda tidak Perlu Kuatir. Sebagain Besar Lemak yang Terkandung dalam Buah Alpukat Adalah Jenis Lemak tak Jenuh Tunggal.

Lemak tak Jenuh Tunggal dan Lemak tak Jenuh Ganda Disebut Sebagai Lemak baik Karena Kedua Jenis Lemak Ini dapat Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung, dan Berhungan dengan Beberapa Manfaat Kesehatan Lainnya. Untuk Diet yang Sehat, Anda Akan Mengganti Makanan-makanan yang Mengandung Lemak tak Jenuh  (Seperti Alpukat, Minyak Sayur, dan Kacang-kacangan).

2. Alpukat Adalah Sumber Serat

Jika Melihat Daging Buahnya Mungkin tidak Pernah Ada yang Mengira Jika Buah Alpukat Adalah Sumber Serat yang Baik. Setiap 100 gr Daging Buah Alpukat Mengandung Sekitar 4 - 4,5 gr Serat . Ini Sama Saja Dengan 10% - 20% dari Jumlah Asupan Serat Harian yang Disarankan untuk Orang Dewasa. Jumlah Ini Tentu dapat Dikatakan Luar Biasa Sebagai Salah Satu Sumber Serat Bagi Tubuh Anda.

3. Buah Alpukat Adalah Buah Hijau

Jika Mengacu pada Pola makan Sehat yang Dianjurkan oleh Para Ahli Nutrisi, MakaSetiap Orang Dewasa Harus Mengkonsumsi Sekitar 4 - 6 Porsi Campuran Aneka Buah-bauahan dan Sayuran Setiap Harinya. Aneka Warna yang Terkandung dalam Buah dan Sayur Menunjukkan Perbedaan Khasiat yang Ada di Dalamnya. Alpukat Dimaksukkan dalam Buah-buahan Hijau. Buah Ini Merupakan Sumber yang Baik Akan Vitamin C, B6, K, Folat, dan Kalium. dan Karena Buah Alpukat Padat Akan Nutrisi, maka 100 gr Ini Setara dengan 1 Porsi Buah Hijau.

4. Kandungan Lain Dalam Bauh Alpukat

Kandungan Senyawa Lain Selain Vitamin, Mineral, dan Serat dalam Buah-buahan dan Sayuran juga Meruapakan Salah Satu Alasan Mengapa Kita Disarankan untuk Banyak Mengonsumsinya. Disebut dengan Fitonutrien, Senyawa Ini Dipercaya Mempunyai Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh. Fitonutrien yang Terdapat dalam Buah Alpukat Adalah Macam-macam Karotenoid, Termasuk di dalamnya Yaitu Lutein (Antioksidan yang Mencegah Kerusakan pada Mata Akibat Bertambahnya Usia). Buah Alpukat juga Mengandung Senyawa Strerol yang Berfungsi untuk Menjaga Kesehatan Kadar Lipid pada Darah.

5. Alpukat Sebagai Pengganti yang Sehat

Karena Lemak yang Terkandung dalam Buah Ini Adalah Jenis Lemak Baik, maka Alpukat dapat Dijadikan Sebagai Pengganti yang Sehat untuk Produk-produk Makanan Lain yang Menggandung Lemak Jenuh. Anda dapat Mengoleskan Alpukat Tumbuk Diatas Roti Sebagai Pengganti Mentega. Anda Juga dapat Mengganti Potongan Keju pada Sandwich dan Salad dengan Irisan Buah Alpukat. Buah Ini Adalah Alternatif Baik untuk Menjalani Hidup Sehat.

No comments:

Post a Comment